Selasa, 22 Mei 2012

KESALAHAN DALAM PENALARAN


           Kesalahan penalaran terjadi jika seseorang mempunyai gangguan jiwa yang bisa membuat otak tersebut tidak berfungsi menalar suatu kejadian. Jika seseorang sudah mendapat gangguan tersebut maka akan susah untuk menalaran sesuatu permasalahan yang dihadapi, karena setiap permasalah maupun pertanyaan yang menyangkut dengan logika maka nalar kita lah yang berfungsi. Ini adalah sebagian kecil yang mengganggu penalaran dan mengakibatkan kesalahan :
1.      Oligoprenia artinya tuna kecerdasan, yaitu mempunyai kekurangan bekal-bekal yang terbatas dan pengembangan intelektual terbatas juga.
2.      Idiota artinya ketunaan yang terberat, yaitu tanda-tnda tidak ada kemampuan memenuhi hidup sendiri atau sukar mengembangkan diri.
3.      Imbesila artinya dungu, yaitu semua aktifitas dapat dilakukan sendiri tetapi tingkat pengembangan diri terbilang lamban.
4.      Debilita artinya bodoh, yaitu kemampuan mendekati orang normal, tetapi taraf kemajuan terbilang lamban.
5.      Demensia, mula-mula penderita mengalami pengembangan normal, tetapi terjadi pemunduran pengembangan yang mencolok.
6.      Delusia, keadaab yang menunjukkan gagasan yang ilusif. Dimana penderita mempunyai keyakinan tidak sesuai dengan kenyataan.
7.      Obsesia artinya pengepungan, yaitu penderita merasakan pengepungan pikiran-pikiran tertentu yang tidak logis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar