Rabu, 07 Maret 2012

SOFTSKILL

Softskill adalah sebuah prilaku yang membangun suatu karakter manusia untuk bisa menggunakan EQ(Emotional Intelligence Quotient). Dalam dunia kerja selain hardskill, softskill sangatlah berperan dalam pengambilan inisiatif, bisa saling bekerjasama, dan gigih. 

Pada dasarnya setiap manusia mempunyai softskillnya masing-masing, tetapi hanya pengimplementasiannya yang mungkin berbeda. Softskill mengembangkan kepribadian seseorang untuk menjadi lebih baik.

Pada jaman ini banyak persaingan di dunia kerja, bahkan persaingan tersebut tidak meliputi kemampuan hardskill tetapi softskill sangat berperan penting disini. Biasanya perusahaan membutuhkan karyawan yang cekatan dalam bekerja, selalu mempunyai inisiatif, bisa bekerja secara tim dan bisa mengembangkan diri disebuah organisasi.

Softskill dibagi menjadi 2 kategori yaitu intrapersonal skill dan interpersonal skill. Masing-masing dari kategori tersebut mempunyai arti tersendiri
a) Intrapersonal skill adalah  ketrampilan seseorang dalam mengatur dirinya sendiri untuk pengembangan kerja secara optimal.
b) Interpersonal skill adalah ketrampilan seseorang dalam hubungan dengan orang lain untuk pengembangan kerja secara optimal.

Hal tersebut menunjukkan bahwa hardskill merupakan faktor penting dalam bekerja, namun keberhasilan seseorang dalam bekerja biasanya lebih ditentukan oleh softskillnya yang baik.


sumber :


http://anwarholil.blogspot.com/2009/01/pengembangan-soft-skill-dalam.html

http://www.ubb.ac.id/menulengkap.php?judul=Antara%20Hard%20Skill%20dan%20Soft%20Skill&&nomorurut_artikel=212


Tidak ada komentar:

Posting Komentar