Selasa, 09 Oktober 2012

TELEMATIKA

Kita tahu bahwa dunia sekarang memasuki zaman globalisasi. Masyratakat seutuhnya pun telah mengetehaui teknologi-teknologi yang berkembang. Contoh saja Telematika, masyarakat pada umumnya mengidentikkan dengan dunia internet khususnya di Indonesia. Padahal arti telematika tersebut adalah pengadopsian dari bahasa perancis yaitu “TELEMATIQUE” yang artinya pertemuan antara system jaringan dengan teknologi informasi.



Dari “TELEMATIQUE” tersebut kemudian menjadi “TELEMATICS”, dalam bahasa inggris yang merupakan singkatan dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS”, dimana hal ini mengusung perpaduan konsep dari computing dan communication. Dalam bahasa kita sendiri yaitu bahasa Indonesia kata TELEMATIKA mempunyai arti tersendiri “TELE = Telekomunikasi”, “MA = Multimedia”, dan “TIKA = Informatika”.


Sebagai contoh saja dari Telematika tersebut adalah alat penunjuk arah jalan atau yang sering kita kenal dengan sebutan GPS. Alat satu ini hasil penggabungan dua konsep yaitu computing dan teknologi satelit. Dimana alat ini langsung terhubung dengan satelit untuk memberikan informasi jalan secara detail dan sebagai pembimbing jalan. Itu salah satu contoh teknologi yang tercipta dari konsep Telematika tersebut.

Mungkin dengan adanya Telematika di Indonesia ini dapat mengantarkan bangsa ini menjadi bangsa yang maju, menjadi Negara yang serba teknologi. Jangan sampai Konsep yang sudah benar ini menjadi tidak benar karena pemakaiannya. Jadilah bangsa yang bermoral untuk menggunakan teknologi apapun. Biar kita jadi kaya Om Roy Suryo itu hahaha
SALAM SISTEM INFORMASI.

1 komentar: